Tepat pada tanggal 30 Desember 2012 yang lalu, sebuah komunitas photography fotografer.net resmi merayakan ulang tahunnya yang ke sepuluh. Tanpa perlu dipungkiri, keberadaan fotografer.net ini telah menjadi sosok penting dalam berkembangnya dunia photography di Indonesia pada khususnya.

Berikut ini sebuah tulisan yang dikutip dari tulisan fotografer senior Indonesia Kristupa Saragih, dalam sebuah forum di fotografer.net.

Tanggal 30 Desember 2012 menjadi tonggak sejarah fotografi Indonesia ketika Fotografer.net (FN) menorehkan usia kesepuluh. Sudah satu dasawarsa FN mewadahi insan fotografi Indonesia berkarya dan menggemakan kreativitas ke seluruh penjuru Nusantara. FN menjelma dari komunitas fotografi online menjadi wadah fotografer sekaligus pebisnis fotografi terbesar di Asia Tenggara.

Dari 1000 anggota di bulan pertama FN meluncur, saat ini rata-rata pertambahan anggota 120 orang tiap 24 jam. Dari 10.000 foto di bulan pertama, saat internet literacy Indonesia masih mengandalkan modem dial-up, saat ini Galeri FN mengoleksi hampir 2 juta foto dengan pertambahan koleksi rata-rata 720 foto per hari.

Fanatisme anggota FN terpancar dari acara-acara FN Series yang dihadiri rata-rata 150 orang di seluruh penjuru Tanah Air, mulai dari Banda Aceh hingga Wamena. Antusiasme anggota FN berinteraksi online danoffline menjadi perhatian banyak kolega. Rekan-rekan dari negara-negara tetanggapun menimba ilmu dan pengalaman dari FN.

Secara ekonomi, ada banyak foto yang terjual dari Galeri FN. Hal ini memantapkan rencana FN mewujudkan penyediaan stock photo. Dengan demikian, kreativitas para anggota FN lebih berdaya secara ekonomi dan berdaulat di negeri sendiri.

Keberadaan Bursa FN yang hadir secara serius sejak 2005, semakin serius dengan peluncuran bursa baru pada November 2012. Ada lebih dari Rp 20 milyar uang berputar rata-rata per bulan di Bursa FN. FN mewadahi dinamika bisnis sekaligus memberi ruang bagi siapapun wirausaha fotografi yang berkehendak untuk maju.

Fotografi menyuarakan kebebasan sekaligus memprotes ketertindasan. Fotografi menyiarkan keindahan sekaligus mengangkat keterabaian. Fotografi membela yang lemah sembari mengingatkan yang kuat.

Keberpihakan FN jelas dan tegas kepada seluruh kalangan secara egaliter dan tanpa pandang pula. FN berbagi misi dengan siapapun yang punya mimpi, jiwa dan semangat yang sama, tanpa pamrih memajukan dan menegakkan kedaulatan fotografi Indonesia.

FN mendukung kepeloporan dan aksi-aksi proaktif tiap anggota yang berinisiatif jadi motor kegiatan. Karena itulah pada 2012, FN mewadahi lebih dari 2200 fotografer yang menggelar FN Street Hunting serentak kedua di 28 kota di seluruh Indonesia, pada 4 November 2012. Kegiatan ini digagas anggota-anggota FN di tiap kota, secara sederhana, nirbiaya dan terbuka.

FN juga berpihak kepada fotografer-fotografer kreatif yang berkarya di luar mainstream. Kita percaya, bahwa semangat kreatif menginisiasi ide-ide segar, tanpa pandang nama. Karena itu pulalah, FN menerbitkan majalah digital Exposure pada 8 Agustus 2008, enam tahun setelah FN diluncurkan,

Kita percaya, tak ada yang tiba-tiba terjadi, lantaran segala sesuatu di fotografi terwujud sebagai buah dari proses. Seperti kehidupan, proses di fotografi tak bisa dipercepat maupun diperlambat, tak bisa dihindari dan diwakilkan, serta tak bisa diperjualbelikan. Semua fotografer hebat pasti pernah membuat foto yang kurang sedap dipandang.

Usia sepuluh tahun kita sikapi sebagai jawaban waktu atas itikad baik dan kekompakan. FN menjadi besar karena para anggotanya ingin besar dan berjiwa besar. Para anggota FN membangun nilai-nilai berkomunitas dan menjaga wibawanya. Semua terbangun secara alami, hasil berproses dan persahabatan yang terbuka namun kritis dan jujur.

Kita berterimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung FN dan para anggota serta kegiatan-kegiatannya, baik secara langsung maupun tak langsung, selama sepuluh tahun ini. Kita percaya, bahwa dalam persahabatan sejati yang berpegang pada nilai-nilai luhur, kerja keras kita tak sia-sia. Dengan berdiri di atas kaki sendiri, kita belajar lebih dari melangkah, untuk berlari kencang dan melompat setinggi-tingginya.

Biar foto yang bicara.

 

Berikut ini juga beberapa foto dari sebuah acara hunting and gathering di Semarang tepatnya di Bernic Castle paa tanggal 20 Januari 2013 memperingati HUT FNX.

 

_MG_9208-1

_MG_9167-1

_MG_9134-1

_MG_9071-1

_MG_9043-1 sz