Pada masa kini, semakin berkembangnya dunia fotografi di Indonesia, dari kategori usia anak-anak, dewasa hingga orang tua. Berbagai macam pula kategori kamera yang digunakan, dari kamera pocket, prosumer, DSLR ataupun SLR, kemudian tak mau kalah, merk-merk kamerapun yang digunakan semakin bervariasi, dari merk-merk yang telah lama berkembang sampai yang  merk-merk yang baru mulai menjamah dunia fotografi.

Kondisi masyarakat yang semakin lama semakin “narsis” menjadi salah satu penyebab berkembangnya dunia fotografi itu sendiri. Keadaan itu sendiri sebenarnya membantu perkembangan negara ini sendiri, dengan bahasa lain, satu foto yang kita upload, atau sekedar hanya kita tunjukan ke teman-teman kita, dengan sendirinya membuat orang lain menjadi penasaran dengan foto yang kita ambil, tanpa memperdulikan bagus atau tidaknya suatu foto tersebut.

Dunia pemenuhan jasa fotografi itu sendiri tidak kalah maju pesatnya, tidak terhitung jumlahnya di Indonesia layanan-layanan jasa fotografi, dari amatir sampai yang professional. Dapat dikatakan bahwa bidang pemenuhan jasa ini, sangatlah menarik perhatian masyarakat, bahwa bidang tersebut mempunyai prospek yang sangat cerah. Bidang Fotografi itu sendiri tidak hanya berkutat mengenai pemenuhan jasa foto wedding, family, model atau sebagainya, namun dapat juga dikembangkan dalam berbagai macam aspek dan segi bisnis kehidupan. Ambil contoh bidang pekerjaan yang diemban oleh travel writer, travel writer pada masa kini, tidak hanya memiliki kemampuan sebatas menulis saja, namun juga dalam hal kemampuan menshutterkan suatu kamera atau juga sebatas mendokumentasikan suatu kejadian, alam yang dikunjunginya, maupun human interest dan food interest pada tempat yang dia kunjungi.

A2 Photoworks itu sendiri merupakan singkatan dari Adrian dan Ardhi, yang mana keduanya merupakan pendiri dari A2 Photoworks. Walau pada mulanya bergerak dibidang pemenuhan jasa fotografi seperti pre wedding, wedding, company profile, family/group maupun single photo, namun seiring berjalannya waktu kelak A2 Photoworks akan mempraktikkan sebuah quote yang dicetuskan oleh fotografer profesional  yang bernama James Nachtwey, yang mana quote tersebut dapat disimpulkan yaitu:

Sebuah foto bukan untukku mencari keuntungan ataupun menaikkan pangkatku, namun sebuah foto bagiku adalah untuk menggambarkan bahwa kehidupan tidak selalu seindah seperti yang ada di dalam sebuah foto

Dengan kata lain, kelak berjalannya waktu A2 Photoworks akan mencoba memberikan sedikit gambaran kepada masyarakat, bahwa bidang fotografi tidak hanya berkutat di bidang pemenuhan jasa wedding, company profile dan lain sebagainya, namun masih banyak bidang yang dapat digapai oleh seorang fotografer itu sendiri.

Salam Jepret

Advertisements